Silabus
Sekolah : SMP/MTs ..............................
Kelas : IX
(Sembilan)
Mata Pelajaran : IPA Biologi
Standar Kompetensi : 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan
manusia.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia
dan hubungannya dengan kesehatan.
|
Sistem Ekskresi
|
·
Mencari
informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun sistem
ekskresi pada manusia melalui studi pustaka.
·
Mengamati
torso atau gambar karakteristik struktur organ penyusun sistem ekskresi pada
manusia.
·
Mencari
informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi pada manusia
beserta cara mengatasinya melalui studi pustaka.
·
Mencari
informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi pada manusia
beserta cara mengatasinya dari pusat kesehatan
|
·
Mendeskripsikan
bentuk atau bangun organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia.
·
Mendeskripsikan
fungsi sistem ekskresi.
·
Mendata
contoh kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi yang biasa dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.
·
Menyadari
pentingnya menjaga kesehatan organ sistem ekskresi.
|
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
Penugasan
Tes tertulis
|
Tes PG
Uji petik kerja prosedur
Proyek
Tes uraian
|
Organ yang sering disebut sebagai penyaring
darah adalah ....
a.
otak c. ginjal
b.
jantung d. paru-paru
Eksperimen mengamati dan mempelajari alat-alat
ekskresi pada manusia (Kegiatan 1.1).
Buatlah artikel tentang salah satu contoh penyakit pada sistem
ekskresi yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Materi pada artikel dapat
diperoleh dari buku atau internet. Artikel yang paling menarik dapat ditempel
di mading sekolah.
Penyakit apa yang terjadi pada hati? Jelaskan menurut pengetahuan
kalian.
|
4 × 40’
|
Buku IPA Biologi
3 Esis hlm.
1-16, buku referensi yang relevan, lingkungan, alat dan bahan praktikum.
|
1.2
Mendeskripsikan sistem reproduksi pada manusia, hewan, dan tumbuhan
serta penyakit-penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada
manusia.
|
Sistem Reproduksi
|
·
Mencari
informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun sistem
reproduksi pada manusia.
·
Mengamati
torso atau gambar karakteristik struktur organ penyusun sistem reproduksi
pada manusia.
·
Mencari
informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi pada manusia
beserta cara mengatasinya melalui studi pustaka dan pusat kesehatan.
·
Mencari
informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi pada manusia
beserta cara mengatasinya dari pusat kesehatan.
·
Mencari
informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun sistem
reproduksi pada hewan.
·
Mencari
informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun sistem
reproduksi pada tumbuhan.
|
·
Menyebutkan
macam organ penyusun sistem reproduksi pada manusia.
·
Mendeskripsikan
fungsi sistem reproduksi.
·
Mendata
contoh kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi yang biasa dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.
·
Menyadari
pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi.
·
Mendeskripsikan
sistem reproduksi pada hewan.
·
Mendeskripsikan
sistem reproduksi pada tumbuhan.
|
Tes
tertulis
Tes tertulis
Penugasan
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
|
Tes PG
Tes uraian
Tugas rumah
Tes uraian
Tes uraian
Uji petik kerja prosedur
|
Pembentukan sel sperma terjadi di ....
a.
testis c. ovarium
b. vas
deferens d. oviduk
Sebutkan organ reproduksi perempuan beserta fungsinya masing-masing.
Buatlah artikel tentang salah satu contoh penyakit pada sistem
reproduksi yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Materi pada artikel
dapat diperoleh dari buku atau internet.
Bagaimana cara mencegah penularan penyakit AIDS?
Sebutkan cara reproduksi aseksual pada hewan dan berikan masing-masing
contohnya.
Eksperimen mengetahui terjadinya penyerbukan
dan proses pembuahan pada tanaman (Kegiatan
2.4).
|
6 × 40’
|
Buku IPA
Biologi 3 Esis hlm.17-54, buku referensi yang relevan, lingkungan, alat dan
bahan praktikum.
|
1.3
Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan.
|
Sistem Koordinasi
|
·
Mencari
informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun sistem
kordinasi dan alat indera pada manusia melalui studi pustaka.
·
Mengamati
torso atau gambar karakteristik struktur organ penyusun sistem koordinasi dan
alat indera pada manusia.
·
Mencari
informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem koordinasi dan alat
indera pada manusia beserta cara mengatasinya
melalui studi pustaka.
·
Mencari
informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem koordinasi dan alat
indera pada manusia besrta cara mengatasinya dari pusat kesehatan.
·
Mencari
informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun sistem
kordinasi dan alat indera pada hewan melalui studi pustaka.
|
·
Membandingkan
bentuk organ penyusun sistem saraf pada manusia.
·
Mendeskripsikan
fungsi otak, fungsi sumsum tulang belakang, dan sel saraf dalam sistem koordinasi.
·
Menunjukkan
bagian-bagian alat indra dan fungsinya.
·
Mendata
contoh kelainan dan penyakit pada alat indera yang biasa dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
·
Mendeskripsikan
struktur, mekanisme, dan fungsi sistem
koordinasi serta alat indera pada hewan.
|
Tes
tertulis
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
Penugasan
Tes tertulis
|
Tes PG
Uji petik
kerja
Tes uraian
Proyek
Tes uraian
|
Sel-sel saraf dinamakan ....
a.
neuron c. akson
b.
neurit d. dendrit
Eksperimen mengetahui beberapa gerak refleks yang
dilakukan manusia (Kegiatan 3.1).
Bagaimana proses terlihatnya suatu benda oleh mata kita? Jelaskan.
Buatlah artikel tentang salah satu contoh penyakit pada sistem
reproduksi yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Materi pada artikel
dapat diperoleh dari buku atau internet.
Mengapa burung memiliki penglihatan yang tajam dan keseimbangan yang
baik
|
6 × 40’
|
Buku IPA
Biologi 3 Esis hlm. 55-100, buku referensi yang relevan, lingkungan, alat dan bahan
praktikum.
|
Standar Kompetensi : 2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1
Mengidentifikasi kelangsungan
hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan
|
Kelangsungan Hidup Makhluk
Hidup
|
·
Mencari
informasi melalui studi pustaka tentang peran adaptasi dan hubungannya dengan
kelangsungan hidup makhluk hidup.
·
Melihat
peristiwa mekanisme seleksi alam dan hubungannya dengan kelangsungan hidup
makhluk hidup melalui video atau film.
·
Mencari
informasi melalui studi pustaka tentang hubungan interspesifik (antar
populasi) dengan seleksi alam.
·
Mencari
informasi melalui studi pustaka tentang peran
perkembangbiakan dan hubungannya dengan kelangsungan hidup makhluk
hidup.
·
Mencari
informasi melalui studi pustaka dan merumuskan cara-cara perkembangbiakan
tumbuhan dan hewan sebagai mekanisme untuk mendukung kelangsungan hidup.
|
·
Mengaitkan
perilaku adaptasi hewan tertentu dilingkungannya dengan kelangsungan hidup.
·
Memprediksikan
punahnya beberapa jenis makhluk hidup akibat seleksi alam hubungannya dengan
kemampuan yang dimiliki.
·
Mendeskripsikan
hubungan interspesifik (antar populasi) dengan seleksi alam.
·
Menjelaskan
peran perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup.
·
Mendiskripsikan
cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan.
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Penugasan
|
Tes PG
Tes
uraian
Tes uraian
Tes isian
Tugas
rumah
|
Cacing tanah adalah jenis hewan yang dapat
mudah ditemukan di ....
a. tempat teduh dan berair
b. tanah liat berongga
c. tanah berhumus
d. tanah kering berongga
Berikan
suatu contoh terbentuknya spesies baru dari suatu organisme.
Apakah
yang dimaksud dengan seleksi alam? Jelaskan dan berikan contohnya.
Untuk
melestarikan jenisnya makhluk hidup memiliki kemampuan untuk ....
Buatlah tabel cara perkembangbiakan pada beberapa jenis tumbuhan dan
hewan.
|
4 × 40’
|
Buku IPA Biologi 3
Esis hlm.101-122, buku referensi yang
relevan, dan lingkungan.
|
2.2
Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup.
|
Pewarisan Sifat dan Teknologi Reproduksi
|
·
Mencari
informasi melalui studi pustaka tentang deskripsi dari materi genetis baik
gen maupun kromosom dilihat dari sifat-sifatnya.
·
Merumuskan
sifat gen dan kromosom.
|
·
Mendiskripsikan
materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (kromosom dan gen
).
·
Membedakan
pengertian sifat dominan, sifat resesif, dan sifat intermediat.
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Tes PG
Tes
uraian
|
Bagian sel yang bertanggung jawab terhadap
penurunan sifat adalah ....
a. nukleus c. nukleolus
b. kromosom d. mitikondria
Apakah perbedaan antara sifat dominan, sifat
resesif, dan sifat intermediet?
|
2 × 40'
|
Buku IPA Biologi 3 Esis hlm.123-127,
buku referensi yang relevan, dan
lingkungan.
|
2.3
Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta
penerapannya.
|
Pewarisan Sifat dan Teknologi Reproduksi
|
·
Mencari
informasi melalui studi pustaka tentang deskripsi proses pewarisan sifat pada
makhluk hidup.
·
Mencari
informasi melalui studi pustaka tentang besarnya peluang yang terjadi dalam
pewarisan sifat pada makhluk hidup.
·
Mencari
informasi melalui studi pustaka tentang aplikasi teknologi reproduksi dalam
kehidupan sehari-hari.
|
·
Menentukan
gamet dari genotip tetua atau induk.
·
Menentukan
rasio hasil persilangan monohibrida dan dihibrida melalui bagan.
·
Memberikan
contoh pemanfaatan dan dampak teknologi reproduksi dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tes
tertulis
Tes tertulis
Penugasan
|
Tes PG
Tes uraian
Tugas rumah
|
Persilangan antara genotip AABB x aabb menghasilkan F1 dengan genotip ....
a. AABB c. Abab
b. AaBb d. AAaa Bbbb
Jika
suatu individu bergenotip BbKk disilangkan dengan sesamanya (BbKk), berapa
hasil persilangan yang memiliki genotip bbkk. Jelaskan dengan bagan.
Buatlah
artikel tentang contoh teknologi reproduksi dalam kehidupan sehari-hari.
Materi dapat diperoleh dari buku atau internet. Artikel yang paling menarik
dapat ditempel di mading sekolah.
|
4 × 40’
|
Buku IPA Biologi 3 Esis
hlm.127-146, buku referensi yang
relevan, dan lingkungan.
|
2.4
Mendeskripsikan penerapan
bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi
pangan.
|
Bioteknologi
|
·
Mencari
informasi melalui studi pustaka tentang pengertian, macam, dan manfaat
bioteknologi.
·
Mencari
informasi melalui studi pustaka tentang contoh-contoh penerapan bioteknologi
dalam produksi pangan untuk mendukung kelangsungan hidup manusia.
·
Mencari
informasi melalui studi pustaka tentang contoh produk bioteknologi baik yang
konvensional maupun yang modern yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan pangan.
·
Melakukan
observasi untuk mendata produk bioteknologi yang sederhana dan yang modern
yang dipakai di lingkungan rumah
tangga.
|
·
Mendefinisikan
pengertian bioteknologi.
·
Mendeskripsikan
keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan.
·
Mendata
produk-produk bioteknologi konvensional dan modern di lingkungan sekitarnya.
·
Membuat
produk bioteknologi sederhana yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Tes tertulis
Penugasan
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
|
Tes uraian
Proyek
Tes PG
Uji petik kerja prosedur
|
Apakah yang kalian ketahui tentang bioteknologi?
Carilah informasi mengenai penemuan bioteknologi terkini. Buatlah
dalam bentuk artikel dan beri pendapat kalian mengenai manfaat dan kerugian
pada setiap hasil bioteknologi yang kalian temukan.
Produk
bioteknologi modern antara lain ....
a. tempe, kecap, dan asam amino
b. kecap, vaksin, dan enzim
c. enzim, vaksin, dan antibiotik
d. tempe, cuka, dan antibiotik
Eksperimen mengetahui cara pembuatan tempe (Kegiatan 6.1).
|
4 × 40’
|
Buku IPA Biologi 3
Esis hlm.147-165, buku referensi yang relevan, lingkungan, alat dan bahan
praktikum.
|
............................................................
Mengetahui
Kepala SMP/MTs ............ Guru
Mata Pelajaran
..............................................
..............................................
NIP NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar