Silabus
Sekolah : SMP/MTs
..............................
Kelas : VIII
(Delapan)
Mata Pelajaran : IPA
BIOLOGI
Standar
Kompetensi : 1.Memahami
berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1
Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk
hidup
|
Pertumbuhan dan Perkembangan
|
·
Melakukan
studi pustaka untuk mendapatkan informasi tentang konsep pertumbuhan dan
perkembangan.
·
Mencari
informasi melalui nara sumber (ahli tumbuhan, ahli peternakan, petani,
peternak) tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan makhluk hidup.
·
Mengamati
melalui gambar atau video proses metamorfosis dan metagenesis.
·
Melakukan
percobaan pertumbuhan pada macam-macam tumbuhan berdasarkan titik tumbuhnya.
|
·
Menyebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.
·
Menyimpulkan
perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
·
Membandingkan
metamorfosis dan metagenesis.
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Tes uraian
Tes uraian
Tes isian
|
Tuliskan 4 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
dan perkembangan pada makhluk hidup.
Deskripsikan
perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
Pergiliran keturunan antara
fase aseksual dan fase seksual secara bergantian pada makhluk hidup
disebut ....
|
4 × 40’
|
Buku IPA Biologi 2 Esis hlm. 1-21, carta
metamorfosis dan metagenesis, video pertumbuhan dan perkembangan.
|
1.2 Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia
|
Pertumbuhan dan Perkembangan pada Manusia
|
·
Melihat
gambar dan/ atau tayangan perkembangan manusia.
·
Mengkaji
pustaka tentang karakteristik setiap tahapan perkembangan manusia.
|
·
Mendeskripsikan
tahapan perkembangan manusia mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dan dewasa.
·
Membedakan
ciri anak-anak dan remaja.
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Tes isian
Tes uraian
|
Setelah
terjadi pembuahan ovum oleh sperma, zigot akan tumbuh menjadi ....
Jelaskan ciri-ciri seks
sekunder pada remaja perempuan yang mengalami masa pubertas.
|
2 × 40’
|
Buku IPA Biologi 2 Esis hlm.22-34, carta, dan
video perkembangan manusia
|
1.3
Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan
|
Sistem Gerak
|
·
Mengidentifikasi
macam organ penyusun sistem gerak pada manusia.
·
Studi
pustaka tentang anatomi dan fungsi tulang, otot, dan sendi.
·
Studi
pustaka dan/ atau melihat tayangan video tentang kelainan dan penyakit yang
berkaitan dengan tulang dan otot.
|
·
Membandingkan
macam organ penyusun sistem gerak pada manusia.
·
Membedakan
fungsi tulang rawan, tulang keras, otot, dan sendi sebagai penyusun rangka
tubuh.
·
Mengidentifikasi
macam sendi dan fungsinya.
·
Mendata
contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang dan otot yang biasa
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
Penugasan
|
Tes PG
Tes isian
Tes identifikasi
Tugas rumah
|
Tulang rusuk melayang
berjumlah....
a. dua pasang
b. tiga pasang
c. empat pasang
d. lima
pasang
Hubungan antartulang yang dapat menimbulkan
gerakan bebas disebut.......
Isilah
tabel berikut yang memuat macam sendi, arah gerakan, dan contohnya.
Buatlah kliping yang menarik
mengenai berbagai kelainan dan penyakit pada tulang. Berilah keterangan atau
komentarmu mengenai setiap gambar di dalam kliping tersebut. Kalian dapat
mencari sumber gambar atau artikel dari
majalah, koran, atau internet, kemudian kumpulkan ke guru.
|
4 × 40’
|
Buku IPA Biologi 2 Esis hlm. 35-62, video sistem
gerak, dan carta sistem gerak.
|
1.5
Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan
|
Sistem Pernapasan
|
·
Mengidentifikasi
macam organ penyusun sistem pernapasan pada manusia.
·
Melihat
gambar dan/ atau video tentang proses ekspirasi dan inspirasi pada proses
pernapasan.
·
Studi
pustaka dan/ atau melihat tayangan video tentang kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan sistem pernapasan.
|
·
Membandingkan
macam organ penyusun sistem pernapasan pada manusia.
·
Membandingkan
proses inspirasi dan ekspirasi pada proses pernapasan.
·
Mendata
contoh kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
dan upaya mengatasinya.
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Penugasan
|
Tes PG
Tes uraian
Tugas rumah
|
Pertukaran udara secara difusi dilakukan pada
....
a.
alveolus c. bronkus
b.
trakea d. pulmo
Buatlah
tabel yang menjelaskan perbedaan proses inspirasi dengan ekspirasi.
Buatlah sebuah artikel mading
berwarna tentang flu burung dengan 3 orang teman kalian. Jelaskan
selengkap-lengkapnya tentang penyakit tersebut
|
4 × 40’
|
Buku IPA Biologi 2 Esis hlm. 99-118, carta dan
video sistem pernapasan, alat dan bahan praktikum
|
1.6
Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya
dengan kesehatan
|
Sistem Peredaran Darah
|
·
Mengidentifikasi
macam organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia.
·
Studi
pustaka fungsi jantung, pembuluh darah, dan darah.
·
Melihat
carta dan/atau tayangan tentang peredaran darah manusia.
·
Studi
pustaka dan/ atau melihat tayangan video tentang kelainan dan penyakit yang
berkaitan dengan sistem peredaran darah.
|
·
Membandingkan
macam organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia.
·
Menjelaskan
fungsi jantung, fungsi pembuluh darah, dan darah dalam sistem peredaran
darah.
·
Mendata
contoh penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah yang biasa
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Penugasan
Tes tertulis
|
Tes PG
Tes uraian
Tugas rumah
Tes uraian
|
Bagian darah yang berfungsi menjaga tubuh dari
infeksi penyalit
adalah ....
a. sel darah merah
b. sel darah putih
c. keping-keping darah
d. plasma darah
Apa perbedaan antara pembuluh
nadi dan pembuluh balik?
Buatlah sebuah poster
berwarna mengenai jantung berukuran 50 cm x 40 cm dan tempelkan di mading.
Berikan
3 contoh penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan dan jelaskan
bagaimana cara mengatasinya
|
4 × 40’
|
Buku IPA Biologi 2 Esis hlm. 119-140, video
sistem peredaran darah dan carta sistem peredaran darah
|
Standar Kompetensi : 2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1
Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
|
Struktur dan Fungsi Tubuh Tumbuhan
|
·
Mengamati
struktur jaringan pada tumbuhan dengan menggunakan mikroskop.
·
Mengidentifikasi
letak epidermis, kortek, dan stele dengan menggunakan carta struktur tubuh
tumbuhan.
|
·
Menjelaskan
struktur dan fungsi jaringan di akar, batang dan daun.
·
Menunjukkan
letak epidermis, korteks, dan stele pada tumbuhan.
·
Menjelaskan
fungsi jaringan tertentu yang dijumpai pada tubuh tumbuhan.
|
Tes tertulis
Tes Unjuk kerja
Tes tertulis
|
Tes PG
Uji petik kerja produk
Tes uraian
|
Keluar masuknya O2 dan CO2 pada
batang tumbuhan terjadi
di ....
a.
lenti sel c. epidermis
b.
stomata d. xilem
Eksperimen untuk melihat
jaringan pengangkut pada batang (Kegiatan 6.2).
Jelaskan cara penyerapan air
dan mineral dari dalam tanah oleh rambut-rambut akar tumbuhan.
|
4 × 40’
|
Buku IPA Biologi 2 Esis hlm. 141-165 carta
struktur tubuh tumbuhan dan alat serta bahan praktikum
|
2.2
Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada
tumbuhan hijau
|
Fotosintesis
|
·
Studi
pustaka untuk merumuskan tentang konsep fotosintesis dan transformasi energi.
·
Melakukan
percobaan proses fotosintesis.
·
Mencari
informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis.
|
·
Menunjukkan
bagian daun yang berperan dalam fotosintesis.
·
Melakukan
dan membuat laporan hasil percobaan fotosintesis.
·
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis.
|
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
|
Tes PG
Uji petik kerja produk
Tes uraian
|
Proses fotosintesis pada sel
daun terjadi di dalam ....
a. kloroplas c. inti sel
b.
vakuola d. dinding sel
Eksperimen guna mengetahui
cahaya matahari dan klorofil diperlukan dalam proses fotosintesis (Kegiatan
7.2dan Kegiatan 7.3).
Faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi laju fotosintesis? Jelaskan secara singkat.
|
4 × 40’
|
Buku IPA Biologi 2 Esis hlm. 175-190, lingkungan,
alat dan bahan praktikum
|
2.3
Mengidentifikasi macam-macam
gerak pada tumbuhan
|
Gerak Tumbuhan
|
·
Studi
pustaka untuk merumuskan macam-macam gerak pada tumbuhan.
·
Mengidentifikasi
berbagai macam gerak pada tumbuhan di sekitar lingkungan.
·
Melakukan
percobaan gerak tropisme dan nasti.
|
·
Mendeskripsikan
macam-macam gerak pada tumbuhan.
·
Menjelaskan
perbedaan gerak tropisme dengan gerak nasti.
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
|
Tes PG
Tes isian
Uji petik kerja produk
|
Tumbuhnya akar ke bawah merupakan gerak ....
a.
geotropis c. nasti
b.
pototropis d. tropis
Buat
tabel perbedaan antara gerak tropisme dan gerak nasti, kemudian beri
masing-masing contohnya.
Eksperimen
membuktikan apakah biji yang sedang berkecambah menanggapi rangsangan
gravitasi bumi (Kegiatan 8.1).
|
4 × 40’
|
Buku IPA Biologi 2 Esis hlm. 191-200, lingkungan,
alat dan bahan praktikum
|
2.4 Mengidentifikasi hama dan penyakit pada
organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
Hama dan Penyakit
pada Tumbuhan
|
·
Studi
pustaka untuk merumuskan konsep hama dan penyakit.
·
Melihat
carta, gambar dan/atau tayangan video tentang contoh-contoh hama dan penyakit
pada tumbuhan.
|
·
Menjelaskan
perbedaan hama dan penyakit pada tanaman.
·
Mendata
contoh hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Tes tertulis
Penugasan
|
Tes uraian
Tugas proyek
|
Apa perbedaan antara hama dan penyakit tanaman? Berikan contohnya.
Lakukanlah wawancara dengan nara sumber (petani) tentang hama dan
penyakit pada tanaman. Kemudian
buatlah laporannya dalam bentuk tertulis.
|
2 × 40’
|
Buku IPA Biologi 2 Esis hlm. 1, lingkungan,
video tentang contoh-contoh hama dan penyakit pada tanaman
|
.
............................................................
Mengetahui
Kepala SMP ............ Guru
Mata Pelajaran
..............................................
..............................................
NIP NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar