Silabus
Sekolah : SMP ...................
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : IPA Biologi
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara
terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan
abiotik
|
Gejala
Alam Biotik dan Abiotik
|
- Melakukan pengamatan gejala alam kebendaan pada objek biotik
di ling-kungan sekitar.
- Melakukan
pengamatan gejala alam berbentuk kebendaan pada objek abiotik di lingkungan
sekitar.
- Melakukan
pengamatan gejala keja-dian pada objek biotik di lingkungan sekitar.
- Melakukan
pengamatan gejala keja-dian pada objek abiotik di lingku-ngan sekitar.
|
- Membedakan gejala alam kebendaan dan
kejadian pada objek abiotik melalui pengamatan.
-
Membedakan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek biotik melalui pengamatan.
|
Observasi
Tes Tulis
|
Lembar observasi
PG
|
Amati perbandingan gejala alam kebendaan dan
kejadian pada objek biotik dan abiotik.
Berikut ini manakah yang termasuk gejala alam kejadian
pada objek biotik?
a. bau
b. tumbuh
c. warna
d. ukuran
|
2 × 40'
|
Buku IPA terpadu jl.1B (Esis)
h.25-29, dan lingkungan.
|
5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan
pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan
|
Mikroskop
|
- Mencari informasi tentang bagian-bagian dan
fungsi mikroskop.
- Melakukan eksperimen dengan benar
menggunakan mikroskop.
- Melakukan eksperimen untuk membuat sayatan
dan preparat basah.
-
Melakukan pembedahan untuk membuka penutup tubuh hewan.
|
-
Mengenal bagian-bagian mikroskop.
-
Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur fokus, pencahayaan, dan
menemukan objek).
-
Membuat prediksi bangun 3 dimensi apabila tersedia hasil pengamatan 2
dimensi (horizontal dan vertikal).
-
Membuat sayatan menurut arah tertentu (melintang, membujur, dll).
-
Membuat preparat basah.
-
Melakukan pembedahan dengan alat dan cara yang tepat.
|
Tes unjuk
kerja
Tes
tertulis
Tes
tertulis
|
Uji petik
kerja prosedur
Uraian
Uraian
|
Tentukan
dan sebutkan bagian-bagian mikroskop.
Jelaskan
bagaimana cara membuat preparat irisan membujur batang.
Bagaimana cara membedah ikan? Jelaskan menurut pengetahuanmu.
|
4 × 40'
|
Buku IPA terpadu jl.1B (Esis)
h.29-40, buku referensi yang relevan, dan alat-alat praktikum
|
5.4 Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan
pengamatan gejala-gejala alam
|
Keselamatan
Kerja
|
- Mencari informasi melalui referensi tentang
keselamatan kerja.
-
Studi pustaka tentang alat dan bahan-bahan yang berbahaya dalam
pengamatan gejala alam.
-
Studi pustaka tentang simbol-simbol dalam laboratorium.
|
- Memegang, membawa dan memperlakukan alat
dan bahan secara aman.
-
Mendeskripsikan alat dan bahan-bahan yang berbahaya.
-
Mengindentifikasi simbol-simbol dalam laboratorium.
|
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Tes tulis
|
Uji petik kerja
prosedur
PG
PG
|
Lakukan dengan prosedur yang
benar cara membawa dan memperlakukan mikroskop.
Manakah bahan-bahan berbahaya yang dapat ditemukan di
laboratorium?
a. air
b. asam sulfat
c. alkohol
d. larutan
glukose
Apakah arti simbol di bawah ini?
a. bahan yang
mudah terbakar
b. bahan yang
beracun
c. alat mudah pecah
d. alat mudah mengalami korosi
|
2 × 40'
|
Buku IPA terpadu jl.1B (Esis)
h.44-48, buku referensi yang relevan,alat dan bahan praktikum
|
Standar Kompetensi : 6. Memahami
keanekaragaman makhluk hidup
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.1 Mengidentifikasi ciri-ciri
makhluk hidup
|
Ciri-ciri
makhluk hidup
|
- Mengamati ciri-ciri
makhluk hidup di lingkungan sekitar.
- Merumuskan karakteristik atau kekhasan ciri
makhluk hidup berdasarkan hasil pengamatan.
-
Mengamati perbedaan ciri tumbuhan, hewan dan manusia.
|
- Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
-
Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasar hasil observasi.
-
Membedakan ciri tumbu-han dan hewan.
|
Tes tertulis
Tes kinerja
Tes tertulis
|
PG
Tes unjuk kerja produk
Uraian
|
Pernyataan berikut ini
berhubungan dengan ciri makhluk hidup,
kecuali ….
a. peka terhadap rangsang
b. tumbuh dan berkem-bangbiak
c. memerlukan suhu terten-tu
untuk pertumbuhan
d semua dapat berpindah tempat
Pilihlah tiga
makhluk hidup yang ada di sekitar dan identifikasilah 4 ciri serta
buatlah laporannya.
Tuliskan 2 ciri makhluk hidup yang membedakan hewan dan
tumbuhan
|
2 × 40'
|
Buku IPA terpadu jl.1B (Esis)
h.49-62 lingkungan,alat dan bahan
praktikum
|
6.2 Mengklasifikasi-kan makhluk
hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
|
Klasifikasi
Makhluk hidup
|
- Mengidentifikasi ciri-ciri khusus yang
dimiliki organisme.
-
Mencari informasi melalui referensi tentang pentingnya dilakukan
klasifikasi makhluk hidup.
-
Melakukan klasifikasi makhluk hidup berdasar ciri yang dimiliki.
-
Mengelompokkan organisme yang memiliki persamaan ciri dalam satu
kelompok tertentu.
|
- Membedakan makhluk hidup yang satu dengan
yang lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan yang dimilikinya.
-
Mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup.
-
Mengklasifikasikan beberapa makhluk hidup di sekitar berdasar ciri
yang diamati.
-
Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap king-dom dalam sistem 5
kingdom.
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
|
PG
Uraian
Uji petik
kerja produk
Uraian
|
Ciri yang dengan mudah untuk
membedakan antara kadal dan katak yaitu
a. kepala
b. kulit
c. alat gerak
d. ekor
Mengapa makhluk hidup perlu diklasifikasikan?
Dari gambar beberapa hewan yang sudah tersedia,
klasifikasikanlah berdasar ciri yang dapat diamati dan buatlah tabel
klasifikasinya.
Buatlah tabel perbandingan untuk menunjukkan ciri-ciri
khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom.
|
2 × 40’
|
Buku IPA terpadu jl.1B (Esis)
h.63-78 lingkungan,alat dan bahan
praktikum
|
6.3 Mendeskripsikan keragaman
pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme
|
Keragaman Pada Sistem
Organisasi Kehidupan
|
- Melakukan pengamatan sel dan jaringan dengan
menggunakan mikroskop.
-
Melakukan identifikasi organ-organ dan sistem organ pada manusia dan
tumbuhan.
-
Mencari informasi melalui referensi tentang konsep sel, jaringan,
organ dan sistem organ.
|
- Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdasarkan
hasil pengamatan menggunakan mikroskop.
-
Mendeskripsikan keragaman tingkat jaringan menurut sel-sel
penyusunnya.
-
Mendeskripsikan keragaman
tingkat organ dan sistem organ berdasarkan hasil pengamatan.
-
Mengkaitkan hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ
penyusun tubuh.
|
Tes unjuk kerja
produk
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uji petik kerja
produk
Uraian
Uraian
Uraian
|
Deskripsikan keragaman bentuk sel
berdasarkan hasil pengamatan preparat awetan daun yang telah tersedia
menggunakan mikroskop.
Deskripsikan karakteristik sel penyusun jaringan palisade
pada daun.
Amatilah tumbuhan pacar air (Impatien balsamina) dan tuliskan nama-nama organ penyusunnya.
Jelaskan hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem
organ penyusun tubuh.
|
4 × 40’
|
Buku IPA terpadu jl.1B (Esis)
h.79-100, lingkungan, alat dan bahan praktikum
|
Standar Kompetensi : 7. Memahami saling
ketergantungan dalam ekositem
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
7.1 Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen
ekosistem
|
Ekosistem
|
- Melakukan pengamatan
terhadap lingkungan sekitar sebagai satuan ekosistem.
- Menggali informasi dari
nara sumber atau melihat tayangan video tentang komponen suatu satuan
ekosistem yang spesifik (ekosistem sawah, ekosistem hutan, ekosistem danau).
- Membuat beberapa model
diagram rantai makanan dan jaring-jaring makanan.
|
- Mengidentifikasikan satuan-satuan dalam
ekosistem dan menyatakan matahari merupakan sumber energi utama.
-
Menggambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan dan jaring-jaring
makanan berdasar hasil pengamatan suatu ekosis-tem.
|
Observasi
Tugas
|
Lembar observasi
Tugas proyek
|
Amatilah salah satu contoh
ekosistem yang ada di sekitarmu dan jelaskan satuan-satuan penyusunnya.
Buatlah model diagram rantai makanan dan jaring-jaring
makanan berdasar hasil pengamatan suatu ekosistem yang kamu amati! Lakukan
dalam bentuk kerja kelompok dan presentasikan di depan kelas pada saat yang
ditetapkan.
|
6 × 40’
|
Buku IPA terpadu jl.1B (Esis)
h.101-130,
lingkungan alat dan bahan
praktikum
|
7.2 Mengidentifikasi-kan
pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem
7.3 Memprediksi pengaruh
kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan
|
Keanekaragaman
makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem
Kepadatan
populasi manusia hubungannya dengan lingkungan
|
- Mencari informasi
melalui studi pustaka untuk merumuskan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan
hewan langka.
- Mengumpulkan
tulisan-tulisan yang terkait dengan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan,
hewan langka yang dilindungi.
- Studi pustaka untuk
merumuskan konsep kepadatan populasi.
- Mengkaji hubungan kepadatan populasi
manusia terhadap lingkungan melalui tayangan dan/atau gambar.
|
- Mendefinisikan makhluk hidup yang tergolong
langka.
-
Menyebutkan contoh tumbuhan dan hewan yang tergolong makhluk hidup
langka di suatu lokasi.
-
Mengemukakan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka.
- Membuat tulisan untuk mengenalkan jenis,
bentuk, dan manfaat tumbuhan, hewan langka yang dilindungi.
- Memprediksi hubungan
antara populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih dan udara bersih.
- Memprediksi
hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan pangan.
- Memprediksi
hubungan antara populasi penduduk dengan ketersediaan lahan.
- Menjelaskan pengaruh meningkatnya populasi
penduduk terhadap kerusakan lingkungan
|
Tes tulis
Tes lisan
Tes tulis
Penugasan
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Isian
Daftar pertanyaan
PG
Tugas rumah
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
Makhluk hidup dinyatakan
tergolong langka apabila ....
Sebutkan 2 contoh hewan dan tumbuhan langka di Indonesia.
Salah satu alasan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan
hewan langka agar ....
a. terjaminnya ketersediaan
plasma nutfah
b. jumlah tumbuhan dan hewan
tidak berkurang
c. memperindah alam
d. memutus kelangsungan daur hara
yang di alam
Buatlah karangan untuk
mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan atau hewan langka yang
dilindungi
Jelaskan hubungan antara populasi
penduduk dengan kebutuhan air bersih.
Jelaskan hubungan antara populasi penduduk dengan
kebutuhan pangan.
Jelaskan hubungan populasi penduduk dengan ketersediaan
lahan.
Jelaskan kemungkinan kerusakan
lingkungan yang dapat terjadi jika populasi penduduk terus meningkat.
|
6 × 40’
2 × 40’
|
Buku IPA terpadu jl.1B (Esis)
h.131-170, lingkungan, alat dan bahan praktikum
Buku IPA terpadu jl.1B (Esis)
h.171-182, buku referensi yang relevan, lingkungan, gambar dan foto
|
7.4 Mengaplikasikan peran manusia
dalam pengelolaan lingku-ngan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan
lingkungan
|
Pencemaran dan Kerusakan
Lingkungan
|
- Studi pustaka untuk
merumuskan konsep kerusakan dan pencemaran lingkungan.
- Melihat gambar dan/atau
tayangan tentang aktivitas manusia yang dapat menimbulkan kerusakan dan
pencemaran lingkungan.
- Merumuskan tingkat
pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan aktivitas manusia.
|
- Menjelaskan konsekuensi penebangan hutan
dan pengaruhnya terhadap kerusakan lingkungan serta upaya mengatasinya
-
Menjelaskan pengaruh pencemaran air, udara dan tanah kaitannya dengan
aktivitas manusia dan upaya mengatasinya.
-
Mengusulkan cara penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan.
|
Tes tulis
Tes tulis
Penugasan
|
PG
Uraian
Tugas rumah
|
Pernyataan:
1. menurunnya ketersediaan kayu
2. meningkatkan suhu udara secara
global
3. meningkatnya kan-dungan O2
di udara
4. menurunnya ketersediaan air tanah
Manakah pernyataan yang berhubungan dengan penebangan
hutan?
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 1, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 4
Jelaskan pengaruh pencemaran air terhadap kesehatan manusia.
Buatlah suatu artikel cara menanggulangi pencemaran
lingkungan. Silakan memilih topiknya, dapat berkait dengan pencemaran udara,
pencemaran tanah, atau pencemaran air.
|
4 × 40’
|
Buku IPA terpadu jl.1B (Esis)
h.183-207,buku referensi yang relevan, lingkungan, artikel, gambar dan foto
|
............................................................
Mengetahui
Kepala SMP ............ Guru
Mata Pelajaran
..............................................
..............................................
NIP NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar